Berikut ini adalah materi kuliah “The Computer” untuk mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction) di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Adapun materi terkait yang terdapat dalam pertemuan II ini antara lain:
-
Computer
- Computer Interactivity
- Input
- Character input, Pointing and drawing input,
- Display devices
- Positioning and 3D
- Physical Controls and Sensors
- Dedicated Displays
- Paper, Printing and Scanning
- Font
- Texts
- Screens
- Memory
- Storage
- Data compression: Lossless and Lossy
- Processing and Networks
Handout materi the computer yang digunakan dalam pertemuan II ini dapat diunduh melalui tautan berikut:
Source: A.J.Dix, J. Finlay, G. Abowd, R. Beale, “Human-Computer Interaction”. 2004
Tugas, HANYA untuk kelas TIF-F dan SISKOM-C
- Sebuah sistem komputer umumnya memiliki sebuah QWERTY keyboard, sebuah mouse, dan sebuah layar monitor berwarna. Biasanya sistem ini dilengkapi juga dengan loudspeakers.
–Masukan (input) apa saja yang didukung oleh keyboard? Masukan apa saja yang didukung oleh mouse?
–Apakah sistem ini beserta pirantinya memadai untuk semua macam aplikasi? Jika tidak, aplikasi macam apakah yang paling sesuai dengan sistem ini? Aplikasi macam apakah yang tidak sesuai dengan sistem ini? -
Jika anda merancang sebuah keyboard untuk sebuah komputer modern, dan anda menginginkan bentuk dan tata letaknya (layout) mendukung kecepatan dan kemudahan untuk digunakan, maka informasi apa yang anda harus ketahui dan bagaimana hal itu mempengaruhi desain anda?
-
Apakah yang dimaksud dengan fixed-pitch font dan variable-pitch font, dan perbedaannya? Apakah yang dimaksud dengan serif dan sans-serif, serta perbedaannya?
-
Jelaskan perbedaan efek dari huruf kapital dan huruf kecil pada tampilan keluaran! Dalam hal apa masing-masing jenis tersebut lebih sesuai?
-
Apakah yang dimaksud dengan page description language? Sebutkan contohnya!
-
Apakah yang dimaksud dengan resolusi sebuah citra (image)? Satuan apa yang digunakan untuk resolusi ini?
-
Jelaskan bagaimana mengatasi efek diskontinyu atau “patah-patah” pada garis diagonal yang tampak pada layar monitor!
-
Jelaskan perbedaan antara tampilan pada layar monitor (screen) dan pada halaman tercetak (page)! Apa sajakah yang sebaiknya dilakukan terhadap efek perbedaan ini untuk menjaga kenyaman pengguna?
-
Apakah yang dimaksud dengan “myth of the infinitely fast machine” ? Apa yang harus kita lakukan untuk menghindari mitos ini?
-
Jelaskan faktor-faktor dalam komputer yang dapat membatasi kecepatan dari sistem interaktif?
Ketentuan tugas:
- Setiap kelompok hanya menjawab SATU soal sesuai dengan nomor urut kelompoknya.
- Jawaban dituliskan dalam sebuah post blog yang dimiliki oleh salah seorang anggota kelompok.
- Tuliskan sumber-sumber yang mendukung jawaban yang ditulis dalam blog.
- Tidak diperkenankan copy-paste tanpa menuliskan sumber yang diacu.
- Kirimkan URL (link) menuju post blog jawaban dari soal tersebut di atas kepada alamat email yang telah disepakati waktu perkuliahan dan paling lambat diterima 9 Oktober 2013 (TIF-F) dan 10 Oktober 2013 (SISKOM-C) pukul 13.00.
- Jawaban tugas yang diterima melebihi tenggat waktu yang ditentukan tidak akan dinilai.